Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan

Mahmudah Mahmudah, Nurhapsari Pradnya Paramita

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan tentang transformasi pembelajaran bahasa Arab di era digital dan menggali tantangan serta peluang yang muncul sebagai dampaknya dalam pendidikan. Dengan semakin meluasnya teknologi informasi dan komunikasi, metode pembelajaran bahasa Arab mengalami perubahan yang signifikan. Penelitian ini berupaya mengungkapkan Pembelajaran bahasa Arab di era digital dalam membuka peluang baru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran, namun juga menghadapi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini menggunakan prosedur dan cara kerja penelitian kualitatif, dan teknik analisis data deskriptif  melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait pembelajaran bahasa Arab di era digital. Penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman yang mendalam tentang transformasi pembelajaran bahasa Arab di era digital dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi transformasi pembelajaran bahasa Arab di era digital dan menganalisis tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Arab di era digital, serta  mengidentifikasi peluang yang muncul dari transformasi pembelajaran bahasa Arab di era digital. subjek penelitian adalah guru dan siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran bahasa Arab di institusi pendidikan yang menggunakan teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan teknologi digital telah menghasilkan perubahan signifikan dalam metode pembelajaran bahasa Arab. Aplikasi ponsel dan platform elektronik telah menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Dari aspek  Peluang  menunjukkan bahwa pembelajaran digital berkontribusi pada peningkatan efektivitas dan menarik dalam pembelajaran bahasa Arab, berpeluang dapat berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Arab melalui platform online. Semantara dari aspek tantangan yaitu para guru menghadapi kesulitan dalam beradaptasi dengan penggunaan teknologi modern dalam proses pengajaran, dan dari siswa menyatakan bahwa beberapa sumber daya digital tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan belajar mereka dalam bahasa Arab.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.