Tathwir al-Wasail al-Ta'limiyah fi Ta'lim al-Qashr Muassasan 'ala Barnamaj Sketchware
Abstract
Perkembangan media dan teknologi saat ini mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang Pendidikan. Banyak media pembelajaran yang secara online dapat dimanfaatkan guru dan siswa dalam. Pembelajaran; contohnya dalam pembelajaran balaghoh dengan mengunakan media online seperti zoom meeting, google meet, google class room, dll. Tetapi, dalam pembelajarannya masih terdapat beberapa masalah seperti; kurang jelasnya suara, jaringan internet yang kurang baik, kesulitan siswa memahami penjelasan dari guru dan beberapa materi lain yang sulit dipahami oleh siswa. Hal ini disebabkan karena perbedaan individu dan kebutuhan siswa yang berbeda. Penelitian ini berusaha mencari kebutuhan siswa dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kecenderungan siswa dalam belajar sehingga pemanfaatan media pembelajaran membantu siswa dalam memahami pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menjelaskan karakteristik media pembelajaran berbasis Sketchware untuk mahasiswa semester tujuh jurusan bahasa Arab di Universitas Darussalam Gontor kampus Siman, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitasnya terhadap peningkatan pemahaman mahasiswa dalam pelajaran Al- Qosr setelah penerapannya. Hasil terpenting dari penelitian ini adalah pengembangan program Sketchware yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk aplikasi cocok untuk guru dan siswa. Tujuan pengembangannya adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam materi AlQosr. Bentuk utama media ini adalah sebagai berikut: Pertama, pendahuluan berisi definisi media tersebut. Kedua, isinya mencakup topik-topik dalam Qosr, dan setiap topik memiliki tujuan, contoh, pembahasan, dan kaidah kaidahnya sendiri. Ketiga, Latihan terdiri dari dua jenis: Latihan umum dan Latihan setiap judul. Hasil uji lapangan untuk nilai t-statistik menunjukkan hasil signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,050, yang menunjukkan bahwa hipotesis a diterima dan hipotesis nol ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes siswa sebelum menggunakan media dan setelah menggunakanya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.