Takhthith al-Tadris li al-Fashl al-Dirasi li Madah al-Istima' al-Ula 'ala Asas Nazhariyah li Rusydi Ahmad Thu'aimah

Raden Ahmad Barnabas, Muhammad Kamal bin Abdul Hakim, Elva Hanifah Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan terhadap Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Istima' 1 Berdasarkan Teori Ahmad Rusydi Thuaimah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta; Mengetahui Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Istima' 1 Berdasarkan Teori Ahmad Rusydi Thuaimah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta; Mengetahui Respon dan Evaluasi dari ahli terhadap Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Istima' 1 Berdasarkan Teori Ahmad Rusydi Thuaimah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan berdasarkan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation), Peneliti membatasi langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan langkah: (1) Analisis (Analyze), Analisis kebutuhan dari Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terhadap Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Istima' 1 Berdasarkan Teori Ahmad Rusydi Thuaimah, (2) Desain (Design) dan Pengembangan (Development), peneliti mengumpulkan bahan materi terkait Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Istima' 1 Berdasarkan Teori Ahmad Rusydi Thuaimah  dan peneliti menentukan Standar kompetensi dari model bahan ajar yang dikembangkan. (3) Penilaian terhadap Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Istima' 1 Berdasarkan Teori Ahmad Rusydi Thuaimah yang dilakukan oleh ahli review. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dikumpulkan dari data sejumlah 73 orang diperoleh, indeks kebutuhan terhadap Rencana Pembelajaran Semester Istima' 1 berdasarkan Teori Ahmad Rusydi Thuaimah adalah 4,66 (dengan skala 1-5) dengan diperoleh angka 4,66 maka RPS mata kuliah Istima' 1 Berdasarkan Teori Ahmad Rusydi Thuaimah sangat dibutuhkan. Berdasarkan analisis data teori Ahmad Rusydi Thuaimah mengenai Pembelajaran menyimak  diperoleh deskripsi mata kuliah Istima' 1 yaitu bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan menyimak dasar yang baik dan mampu mengetahui perbedaan jelas antara bahasa Pertama yang ia miliki dengan bahasa Arab. Respon ahli review pertama terhadap Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Istima' 1, memperoleh tingkat penilaian 86 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik dan respon ahli review kedua memperoleh tingkat penilaian 90 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Rata-rata tingkat penilaian dari ahli review adalah 88 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dengan demikian, maka Rencana Pembelajaran Semester yang dikembangkan dinilai sangat baik dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran Istima' 1.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.