KLASIFIKASI FI’IL DARI BERBAGAI TINJAUAN (STUDI TELAAH MORFOLOGI)
Abstract
Klasifikasi kata kerja (fi’il) dalam ilmu Sharf ternyata belum terlalu banyak mahasiswa prodi PBA Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar yang mengetahuinya, rerata mereka ketika disodorkan pertanyaan terkait klasifikasi fi’ilmereka hanya mengetahui secara umum yaitu fi’il madhi, fi’il mudhari dan fi’il ‘amr. Padahal hal tersebut hanya satu dari sekian banyak klasifikasinya berdasarkan tinjauan tertentu.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih detail ruang lingkup dan klasifikasi kata kerja (fi’il) dalam ilmu Sharf agar bisa lebih mudah dipahami khalayak banyak.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis studi pustaka. Hasil tulisan ini menerangkan bahwa ruang lingkup pembahasan ilmu Sharf secara umum mengkaji tentang fi’ildan isim, hal tersebut terlihat pada awzan yang nampak dalam kelompok tashrif istilahiy.Sedangkan klasifikasi fi’ildalam ilmu Sharf berdasarkan tinjauan masing-masing terbagi 7.Fi’il ditinjau dari segi: 1) waktu terjadinya (min haisu zaman al-wuqu’i) ada 3: madhi, mudhari dan amar. 2) ma’mulnya (min haisu al-ma’mul) ada 2: lazim dan muta’addi. 3) bentuknya (min haisu al-binyah) ada 2: shahih dan mu’tal. 4) subjeknya (min haisu dzikri al-fa’il) ada 2: ma’lum dan majhul. 5) harakatnya (min haisu al-harakah) ada 2: mabni dan mu’rab. 6) susunan katanya (min haisu al-tarkib) ada 2: mujarrad dan mazid. Dan 7) perubahannya (min haisu al-tashrif) ada 2: jamid dan mutasharrif.
Full Text:
PDFReferences
Ainin.Moh. 2010. Metodologi Penelitian Pustaka.Malang: Hilal Pustaka.
al-Asmar.Rajiy. 1993. Al-Mu’jam al-Mufasshal fi ‘Ilmu al-Sharf.Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
al-Danqaziy.Mula Abdullah. t.th. Matan al-Bina wa al-Asas. Surabaya: Maktabah Muhammad bin Ahmad Nabhan wa Awladihi.
al-Rajihiy.Abduh. 1973. Al-Tathbiq al-Sharfiy.Beirut: Dar al-Nahdhah al-‘Arabiyah.
Al-Zanjani.Izzuddin Abi al-Fadhail Ibrahim Abdulwahab bin ‘Imaduddin. t.th. Matan al-Tashrif lil ‘Izziy. Surabaya: Maktabah Muhammad bin Ahmad Nabhan wa Awladihi.
Hamzah dan Basri Mahmud. 2019. “Persinggungan Antara Aliran Basrah dan Aliran Kufa terkait Penentuan Asal dan Furu’ dalam Isytiqaq.” Multaqa Nasional Bahasa Arab 2 (1): 1-10.
Hasan. Tammam. al-Lughah al-Arabiyah: Ma’naha wa mabnaha.Kairo: Haiah Mishriyah al-‘Ammah li al-Kitab, 1979.
Mashito.Dewi. 2020. “Proses Morfologi Isim Musytaq dan Maknanya dalam Kitab Fathul Qarib”, Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV: Peran Mahasiswa Bahasa Arab dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Malang: HMJ Sastra Arab, Fak. Sastra, Universitas Negeri Malang.
Mestika Zed. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan.Cet. III; Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Muhajirunnajah. 2019. “Penerapan Pembelajaran Shorof Bagi Pembelajar Tingkat Pemula Menggunakan Metode Pemerolehan Bahasa.” Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5 (1): 117-140.
Naseha.Siti Durotun. dan Muassomah. 2018. “Model Pembelajaran Ilmu Sharaf Dengan Menggunakan Metode Inquiry dan Metode Snowball Tashrif (Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Uin Maulana Malik Ibrahim Malang).”Jurnal Alfazuna 3 (1): 103-122.
Ni’mah.Fuad. t.th. Mulakkhash Qawaid al-Lughah al-Arabiyah, juz I. Beirut, Daru al-Tsaqafah al-Islamiyah.
____________. t.th. Mulakkhash Qawaid al-Lughah al-Arabiyah, juz II. Beirut, Daru al-Tsaqafah al-Islamiyah.
Ulya. Nabilatul. “Kajian Morfologis Nama-nama Nabi Muhammad dalam al-Qur’an.” Alfaz 7 (2): 99-107.
Refbacks
- There are currently no refbacks.