ANALISIS RESPON SANTRI TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS –TEKS AGAMA BERBAHASA ARAB MELALUI PROGRAM-PROGRAM MULTIMEDIA KEAGAMAAN BAGI PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NIDZOM SUKABUMI SEBAGAI IKHTIAR MEREDUKSI RADIKALISME AGAMA

Nandang Nursaleh, M. Sutirman, Titin Nur Ade Kosasih

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui respons santri setelah mengikuti Pembelajaran teks- teks agama berbahasa arab melalui program-program multimedia keagamaan yang telah dilaksanakan oleh tim PKM Universitas Padjadajran pada tanggal 19-20 Juli 2019 di Pondok pesantren An-Nidzom Sukabumi. Untuk mengetahui respons santri terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan, santri diberi angket. Tujuan dari pemberian angket tersebut adalah untuk mengetahui respons santri terhadap penggunaan program multimedia keagamaan dalam pembelajaran teks-teks agama berbahasa arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan respons santri berdasarkan jawaban angket. Berdasarkan jawaban angket dari seluruh peserta yang mengikuti kegiatan PKM diketahui 88% santri memberikan respon positif terhadap pembelajaran teks-teks agama berbahasa arab melalui program-program multimedia keagamaan. Hal yang paling menonjol dari enam indikator yang digunakan adalah senang dan menarik. Pernyataan dari indikator senang yaitu pembelajaran melalui program multimedia keagamaan membuat santri senang mencapai 88%. Sedangkan pada indikator menarik menyatakan media pembelajaran melalui program- program multimedia keagamaan merupakan hal baru dalam pembelajaran di pesantren. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa meskipun penggunaan multimedia masih dianggap hal yang baru dalam pembelajaran di pesantren khususnya pesantren tradisional namun santri sangat tertarik dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga materi yang disampaiakan lebih mudah terserap sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.

Kata Kunci : Respons, Pembelajaran,Teks Agama, Radikalisme


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

al-Qaradawi, Yusuf, as-Sahwah al Islamiyyah; Baina al Juhud wa al-Tatarruf, Kairo: Bank al-Taqwa, 2001.

Binanto, I. Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya.Andi, Yogyakarta,2010.

Creswell, J.W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hassan, Taimur-ul dan Sajid, Abdur Rahim. 2013. ICTs in learning: Problems faced by Pakistan. Journal of Research and Reflections in Education, Vol.7, No.1 (Juni 2013): 52 -64

Hobri. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Peneli-tian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila, Jember, 2010

Marshall, Megan L. 2004. Examining School Climate: Defining Factors And Educational Influences. Center for Research on School Safety, School Climate and Classroom Management. Georgia State University : http://education.gsu.edu/schoolsafety/download%20files/wp%202002%2 0school%20climate.pdf, (diakses 2 Oktober 2019)

Murtiyasa, Budi. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,2006

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung, 2010.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif.Kencana, Jakarta,2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.