PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA BAHASA ARAB (Mahasiswa Prodi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Universitas Al Azhar Indonesia)
Abstract
ABSTRAK
Keberadaan teknologi sudah menjadi suatu kebutuhan manusia yang hidup di muka bumi. Dengan kemajuan yang sangat pesat, teknologi kini semakin canggih dari tahun ke tahunnya. Kecanggihan tersebut mempermudah manusia untuk memenuhi kebutuhannya, baik dalam hal informasi, hiburan, pendidikan dan pemenuhan kebutuhan lainnya. Tidak hanya itu, teknologi juga sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, terutama pada pembelajaran bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Arab. Kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Arab menjadi sesuatu yang penting sebagai modal kecakapan dalam menghadapi ketatnya kompetisi di era revolusi industri 4.0. Era revolusi industri 4.0 yang berkaitan erat dengan teknologi mendukung persoalan ini. Teknologi berupa jaringan internet dan telepon pintar menjadi peranti wajib yang menyokong proses pembelajaran bahasa Arab. Dalam pembelajaran bahasa Arab, mahasiswa prodi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Universitas Al-Azhar Indonesia menggunakan teknologi berupa smartphone dan internet dalam membantu proses pembelajaran mereka dengan memanfaatkan berbagai media sosial yang ada. Hal ini menjadi sebuah terobosan baru sekaligus sebagai alat bantu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada mata kuliah kemahiran membaca. Metode dan cara ini tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa, akan tetapi juga dilakukan oleh dosen yang mengajar pada mata kuliah tersebut. Muncul pertanyaan, kegiatan belajar seperti apakah yang dapat dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab UAI dalam menggunakan media sosial?. Apa saja manfaat penggunaan media sosial dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca bahasa Arab?. Makalah ini akan memaparkan tentang variasi kegiatan yang bisa dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa di program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab UAI pada mata kuliah kemahiran membaca bahasa Arab. Makalah ini terbentuk dari hasil penelitian kualitatif yang disampaikan secara naratif yang didapatkan dari pengalaman pribadi penulis, wawancara dan hasil observasi lainnya.
Kata Kunci: Penggunaan, Media Sosial, Pembelajaran, Bahasa Arab, Kemahiran Membaca
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Fuad Effendy Ahmad. 2017. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat Indonesia.
Jurnal pemikiran Islam vol.3 No.1 Januari-Juni 2012 Nunu Mahnun
Instagram. App Store (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-22. https://apps.apple.com/app/instagram/id389801252
WhatsApp Messenger. App Store (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-22.
Refbacks
- There are currently no refbacks.